Minggu, 10 Agustus 2008

Penjaga Lisan

" Hai Orang-orang yang beriman, mengapa kamu mengatakan apa yang tidak kamu perbuat ? amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan ." ( Q.S Asshaff : 2-3 )

Pada ayat di atas Allah S.W.T sudah menegaskan bagaimana pentingnya menjaga segala apa yang kita katakan, Rasulullah dalam sabdanya, " Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari kiamat, maka hendaklah berkata baik atau sebaiknya diam." ( HR. Bukhari Muslim ).
Dari Firman Allah dan Sabda Rasulullah diatas, kita diingatkan bila sedang bicara jaga lisan dan berkata yang benar, pembicaraan yang didasarkan bukan atas kebenaran atau kebohongan berarti kita sudah mensia-siakan apa yang sudah diberikan Allah kepada kita. Rasullullah S.A.W bersabda : " Lisan orang yang berakal sehat itu muncul dari baik nuraninya. Maka, ketika ia hendak berbicara, ia terlebih dahulu kembali pada nuraninya. Apabila ada manfaat baginya, ia berbicara, dan apabila dapat bahaya, maka ia menahan diri. Sementara hati orang bodoh berada dimulut, ia berbicara apa saja yang ia mau ." ( Muttafaq Alaih )

Dalam berbicara hendaknya kita harus menempatkan kata-kata yang tepat, yang tidak menyinggung perasaan orang lain atau orang lain menjadi sakit hati karena pembicaraan kita, Saidina Ali mengatakan, " Lidah itu lebih tajam dari pedang " dengan sebuah pembicaraan bisa menyebabkan resiko yang sangat patal, sebuah peperangan yang memakan korban sangat banyak bisa disebabkan karena hanya sebuah perkataan, sebuah persaudaraan yang harusnya dijaga dengan baik akan hancur hanya sebuah kalimat yang keluar dari mulut yang tidak mampu menjaga, dendam kesumat yang dibawa bertahun-tahun akan tercipta hanya sebuah perkataan.

1 komentar:

zainul ibn abdullah ibn ahmad mengatakan...

bagus bangeth...........
smoga Alloh SWT menambahkan sifat ke ikhlasan dan kesabaran kepada bang haji sekeluarga..
mohon maaf kalo ane selalu bikin bang haji susah,nyebelin, marah dsb ane akan siap membantu semua usaha bang haji untuk kemajuan sekolah....

e-mail ane : zainul.ani@gmail.com